(
Oleh :
Luthfi lukmanul hakim )
A
. PENDAHULUAN
Padakehidupansiswakinitidakasinglagibiladihadapkandengansesuatuhal yang berhubungandenganteknologi.Mulaidarisiswatinggalbermewahan dikota – kotabesarsampaidengansiswa yang
tinggal di pelosokdesasekalipun.
Kinisudahbanyaksiswadanhampirsebagianbesarsiswabukanhanyamengenaltetapijugamahirdalammenggunakannya.Seiringdenganberkembangnyateknologi
yang semakinpesat di zaman yang serbacanggihini.Sejaksiswa di perkenalkandenganalatkomunikasi
yang berupahandphone. Dari semuakalangansiswaSD,SMPdan SMAkinisudahbanyak yang
memilikinyadanbahkanadasebagianbesarsiswa yangmengganggaphandphoneadalahsuatukebutuhan.sehinggabanyaksiswa
yang tidakbisalepasdarihandphonenya.
Seakanmendukungkegiatansiswa
yang gemarmemainkanhandphone.Pabrik – pabrik hand phone diberbagai Negara.seakantidakmaukalahdanberlombamenciptakanhandphone
model terbaruyang menarikdenganadanyafitur – fitur yang beragam. Sertauntuklebihmenarikpembeli.pabrikhandphoneselularmenawarkanharga
yang bermacam – macamuntukproduknyadariharga yang terjangkauyang dapat di
jangkaukonsumenmenengahkebawah.sampaidenganharga yangmahalhinggamencapaijutaan
rupiah.Sehinggabanyaksiswa yang
berkehidupankurangberkecukupanrelamenyisihkanuangsakunyawalaupunsedikit demi
sedikituntukdibelikansebuahhandphone
B.
PERAN NEGATIVE HANDPHONE DALAM PENDIDIKAN
Perkembanganteknologikhususnya
di bidangkomunikasi (handphone) terusmengalamiperkembangan yang
sangatpesat.Konsumen yang paling berperan di dalampenjualanhandphonetidakbisalepaspadakonsumenremaja
(siswasekolah).Karenapadaumumnyahampirsetiapsiswapastimemilikisebuahhandphone.Padazamansekarangjikamelihatseorangsiswa
yang mempunyailebihdarisatuhandphonebukansuatuhalyang
aneh.Apabilaseorangsiswatidakmempunyaihandphoneterkadangsiswatersebutcenderungmerasakurangpercayadiribilabergauldengantemanya.
Padahalbiladilihatdarikebutuhansiswa.Seorangsiswabelumsebegitubutuhterhadaphandphonekarenatugasutamaseorangsiswaadalahbelajar.
Sedangkanhandphonetidakberperandidalambelajarseorangsiswa
.mungkinpengaruhdarilingkunganluarlah yang sangatberperan"Belajar
adalahsuatuperubahanperilaku, akibatinteraksidenganlingkungannya" (Ali
Muhammad, 2004 : 14)
SMS
dan Facebook adalahduahal yang tidakbisadipisahkandengankehidupansiswa.Keduahaltersebutseakansudahmelekatpadasetiapdirisiswa.hampirdariberbagaijenissiswabaikitusiswa
SD, SMP dankhususnya SMA hampirsemuasiswamemilikifacebook.
Karenamemanguntukmembukasitus internet khususnyafacebook.Siswatidakperlusulit –
sulitmencariwarnet.hanyacukupmembukasitus - situslewat web dalamhandphone.
Belumlagi operator
telephonselulermenawarkanbeberapapaketmurahkhususnyapadapaketsmsdan internet.
Hal tertersebutmembuatsiswamenjadileluasauntukmembukasitus – situs internet
danmembuatsiswasemakinseringmemencettombolhandphonenya
Berdasarkanpenelitianparaahlidaricase
western reverse university school of medicine di Cleveland.Mengungkapkanhasilbahwasiswa
yang terlalusering SMS ( lebihdari 100 sms/hari ) atausiswa yang terlaluaktif
di jejaringsosial (facebook/twiter) adalahsiswa yang
memilikikecenderunganlebihbesaruntukterlibatdalamhubungansekspranikah. Obat –
obatanterlarangdan alcohol.Penelitianini yang telahditelitipada 4200
siswasekolah di Cleveland.Dan survey daridalamnegeri yang di publikasikanolehkomisinasionalanak
(komnasanak) yang telahmensurvey12 provinsi di Indonesia. Yang menyebutkanbahwa
93,7% siswa SMP dan SMA pernahberciumandanpentting (bercumbu)
denganlawanjenisdan rata – rata pelajarpernahmelakukanini[1]
Dari
beberapapenelitiantersebutbiladilihatdarikehidupansiswasehari
–hari.Memangsiswatidakbisalepasdarihanphonenya,
kemanapundandimanapunberadasiswaakanmembawanya. Smsadalahalatkomunikasi yang
biasanyabanyakdigunakanolehsebagianbesarsiswasalingmengirimkanpadatemanterutamakekasihmereka.meskipunsms
yang dikirimkansiswatidakterlalupenting. padasaat jam
pelajaranberlangsungadasajajarisiswa yang
seakantidakberhentimemencettombolhandphonenya. Selainsmsadajugajejaring social
yang sekarangsedangdigandrungiolehbanyaksiswa.Adalahfacebookjejaring social
inibanyakdisukaikarenamempuyaibanyakfasilitas.
Kegiatansiswa
yang sepertiitumenurutpenelitianbanyakmemicuperbuatan yang tidak di inginkan.
Salah satucontohnyaadalahsiswa yang mempunyaihubunganasmara. yang
terlaluseringberbalassms. Sehinggasiswatersebutmerasasalingmemilikidandekatsatusamalainya.
Seolahberhakmelakukanapasajaterhadaplawanjenisnyaakibatnyabanyaksiswa yang
masihsekolahhamildiluarnikah. Kinisudahbanyakpemberitaan di media
cetakmaupundimediaelektronik yang hampirsetiapharimemberitakanmemuatpemberitaan
yang telahmencorengnamabaikduniapendidikandi Indonesia.
halini di pengaruhibeberapafaktor.
Seperti yang dikemukakanparaahli “Hasilbelajar yang
dicapaisiswadipengaruhiolehduafaktoryaknifaktordaridalamdirisiswadanfaktordariluardirisiswa”
(Sudjana, 1989 : 39). Dari pendapatinifaktor yang
dimaksudadalahfaktordalamdirisiswaperubahankemampuan yang dimilikinyaseperti
yang dikemukakanoleh Clark (1981 : 21) menyatakanbahwahasilbelajarsiswadisekolah
70 % dipengaruhioleh kemampuansiswadan 30 % dipengaruhiolehlingkungan.
Demikianjugafaktordariluardirisiswayaknilingkungan yang paling
dominanberupakualitaspembelajaran (Sudjana, 2002 : 39).
Hal semacamituterjadikarenaterpengaruholehduafaktoryaitufaktordaridalamdanfaktordariluar.Factor
daridalamadalah rasa keinginan yang
sangattinggiuntukberbuatsepertiitukarnaterpengaruholehdunialuarterutamaoleh
video porno yang telahmerusak moral setiapsiswa yang melihatnya.Karenasekaranguntukmelihat
video porno tidaklahsulit. Di web setiaphandphonkinisudahmenyediakansitus -
situspengunduhantontonan yang merusak moral itu.sehinggasiswabisaleluasauntukmelihatnya. Dan factor dariluarnyaadalahkurangnyapengawasan
/ perhatiandari orang
tuakepadaanaknyasehinggaanakmerasasudahtidakdiperhatikanlagidantidakperlulagidiperhatikan
orang tuanya
C. KESIMPULAN
Handphone di duniapendidikanbagaikanpisautajambermatadua.Terkadangbanyakmendatangkankemudharatanbagipenggunanyakhususnyasiswayang
memangmenyengajauntukmendatangkanhal – hal yang dapatmerugikan.namuntidaksedikit
hand phone yang memangdigunakanolehsiswauntukkepentinganbelajarataupununtukkepentingan
yang lain yang tidakmerugikansiswa
Daftarrujukan
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses BelajarMengajar. Bandung :SinarBaruAlgensido Offset.
Ali Muhammad ,SyaikhQuthb, 2004. AmalShalehPengantarkeSurgadanPenyelamatdariNeraka, JakartaTimur : Pustaka al-Kautsar
Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses BelajarMengajar. Bandung :SinarBaruAlgensido Offset.
Ali Muhammad ,SyaikhQuthb, 2004. AmalShalehPengantarkeSurgadanPenyelamatdariNeraka, JakartaTimur : Pustaka al-Kautsar
Riana dkk, 5 februari 2013 12.00 WIB
Good arti mimpi
BalasHapus